Trust Kominfo Tidak Bisa Diakses

Portal IndieGo – First content for this website, dan saya ingin menyampaikan informasi yang ringan-ringan saja dulu. Jadi, saya ingin menyampaikan perihal salah satu sub-domain daripada website kementrian komunikasi dan informatika. Namanya adalah trustpositif.kominfo.go.id. Atau bisa disebut juga Trust Kominfo.

Kali ini saya hanya ingin mengulasnya saja karena saya dulu pernah bermain pada konten BlackHat, yah you’re know. Semenjak terdapat berita bahwa situs-situs pembajakan/ilegal seperti Cinema XXI dan lainnya. Yah, sepertinya situs Nekopoi tidak terblokir. Tidak tahu mengapa.

Yah, lanjut ke Trust Kominfo. Pertama apa fungsi daripada sub-domain ini? Fungsi situs ini apa? Nah, ada salah satunya merupakan pencarian data domain. Data domain apakah itu? Tentu saja domain yang terblokir, keseluruhan domain yang sudah diblokir oleh Kominfo dari awal muncul Trust hingga sekarang.

Lalu, apakah fungsi dari pencarian data itu? Apakah berguna?

Tentu saja sangat berguna. Sangat berguna sekali untuk ya, terutama untuk orang yang sudah berkerja dalam dunia BlackHat. Yah, saya pernah disitu jadi saya paham lah bagaimana. Bekerja di situs berpangkat Black Hat dengan domain yang setiap minggunya terkena internet positif.

Bagi yang belum mengerti apa itu BlackHat. Well, saya akan menjelaskan di kesempatan lain, mungkin. Karena saat ini meskipun berelevan namun berbeda topik. Intinya, situs-situs yang saya maksud masuk ke dalam BlackHat adalah pembajakan, pornografi, perjudian, obat ilegal, dan konten negatif lainnya. Yang mana bisa kalian lihat di bawah.

Fungsi Trust Kominfo

Sebagai contoh apa fungsinya situs Trust Kominfo saat ini terhadap pemilik/owner/webmaster dari situs pembajakan? Gampang, aslinya jika kalian tidak terjebak di zona nyaman penuh ketidaktahuan.

Ya, lanjut. Jadi, sudah pasti pembajakan merupakan hal yang ilegal bukan? Karena melanggar hak cipta. Undang-undang di Indonesia menegaskan dengan jelas, bahwa pembajakan merupakan pelanggaran terhadap hak cipta dan didenda sedemikian uang. Tentu itu satu saja, coba jika ratusan yang dibajak? Berapa kira-kira dendanya? Haha.

Kembali ke fungsi bagi pemilik dari situs pembajakan terhadap salah satu situs kementrian komunikasi dan informatika. Fungsinya jika kalian menelusuri situsnya, kalian akan melihat seperti gambar laman di bawah. Terdapat terdapat kata pencarian untuk menelusuri domain mana yang positif sebagai konten bermuatan negatif. Selain itu, yang saya kotakkin merah, merupakan semua data (hanya domain) yang sudah disimpan oleh pihak Kominfo.

trust-kominfo

Jadi, ada kemungkinan pada saat mau dicek di kotak pencarian, kemungkinannya bisa dilacak. Jadi, lebih mudah terkena internet positif. Maka dari itu, kotak merah menjadi alternatif untuk mengecek apakah domain kalian sudah terkena.

Trust Kominfo Tidak Bisa Diakses?

Mengatakan fungsi dari Trust Kominfo dari tadi mungkin sudah keluar dari topik. Jadi, kita lanjutkan saja sesuai tema dari judulnya.

Jadi, pada dalam beberapa hari ini, entah seminggu atau dua minggu yang lalu, saya mengecek masuk ke sub-domain ini. Apa alasannya? Ya, karena saat ini saya sedang bekerja di luar negeri, dan saya memiliki situs pribadi atau sebuah blog tentunya, termasuk situs ini.

Tentu bukan BlackHat isi dari kontennya karena saya tidak bekerja lagi disana. Hanya saja, kata-kata yang saya gunakan di beberapa blog saya memuat unsur-unsur yang eksplisit atau mungkin, bisa jadi sifatnya tidak negatif namun dianggap negatif. Jadi, saya mengeceknya. Tentu saja saya menggunakan download supaya lebih aman, hehe. Tapi, saya malah dibawa ke laman yang rusak. Ya, laman depan Trust yang rusak.

Jadi, sepertinya ada semacam kesalahan, gitu. Jadi saya memundurkannya untuk hari ini dan menunggu besok. Keesokan harinya, ya, sama seperti sebelumnya. Saya tunggu lagi, dan menunggu keesokan harinya, masih sama. Sampai kemarin saya coba kembali, ternyata server untuk Kominfo sedang jatuh. Dan tidak bisa diakses sama sekali.

Tetapi, untuk situs utamanya, yaitu Kominfo.go.id masih baik-baik saja. Malah page load yang biasa lambat seperti situs-situs pemerintahan lainnya, jadi cepat. Wow, kata saya. Kemudian, hari ini saya mengaksesnya kembali dan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Nginx Error. Ya, untuk Nginx, mungkin saya akan menjelaskannya di lain waktu.

Esensi Dari Postingan Ini

Jadi, apa esensi dari tulisan saya di atas? Pada judul pertama menjelaskan fungsi dan judul kedua tidak menjelaskan apapun? Yah, maaf jadi saya disini sebagai pengguna internet merasa dirugikan. Mengapa dirugikan? Karena walaupun saya  tinggal di luar negeri, namun tujuan pasar saya adalah Indonesia. Jadi, ketika saya tidak bisa mengecek apakah salah satu website saya terblokir, ya saya mana bisa tahu kalau sendiri.

Sampai saat ini, tanggal 12 Januari 2020, situs tersebut masih berketerangan Nginx Error. Yah, meskipun itu, setelah saya sedang menulis postingan ini, saya menemukan cara agar bisa mengecek domain-domain, apakah itu terkena atau tidak.

Caranya adalah sebagai berikut;

  1. Kunjungi http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache%3Ahttps%3A%2F%2Ftrustpositif.kominfo.go.id&oq=cache%3Ahttps%3A%2F%2Ftrustpositif.kominfo.go.id&aqs=chrome..69i57j69i58.1180j0j4&sourceid=chrome&ie=UTF-8 atau bisa kalian bisa mengetikkan ‘https://trustpositif.kominfo.go.id/’.
  2. Silahkan melihat kembali gambar kedua, pada kotak yang saya warnai merah. Silahkan klik kiri itu, atau klik kanan simpan. Maka semua datanya akan keluar. Ya, download data domain yang sudah positif sudah bisa.

Jadi, simpulannya adalah saya merasa dirugikan karena Kominfo tidak bisa memberikan pelayanannya kepada konsumen terhadap situsnya. Kedua, saya membagikan cara saya untuk bisa melihat domain mana yang sudah positif diblokir walaupun situsnya masih error. Yah, meskipun ini hanya berlaku per tanggal 12 Januari 2020.